Minggu, 21 Juli 2013

tutorial aplikasi blender

 Membuat Meja Menggunakan Aplikasi Blender


kita mulai dengan mengenal tools singkat yg terdapat pada blender yang akan kita pergunakan, ini adalah tampilan awal saat kita masuk ke blender.






setelah kita mengenal sedikit pada menu utama yg di atas kini saya akan kenalkan menu yg terdapat di sebelak kiri layar menu ini disebut menu action, menu ini kita gunakan untuk melakukan action pada objek animasi yg sedang kita buat pada yang tampilannya dan lalu menu di layar sebelah kanan yg berfungsi untuk mengatur tampilan render pada animasi yg kita buat, dan di layar bawah terdapat menu yg untuk pengaturan pergerakan animasi atau layer tambahan untuk membantu layer progress utama . ketiga menu tersebut seperti berikut



(sebelum memulai pembuatan objek ini ,sekali lagi ya tegaskan saya tidak akan mengenalkan secara spesifik semua menu yg terdapat pada aplikasi blender ini karena tutorial ini di khususkan untuk pemula yang ingin memahami pembuatan sederhana)
setelah kita mengenal sedikit mengenai menu pada blender sekarang kita mulai dengan pembuatan object sederhana, mari kita bersenang-senang. saat kita masuk ke dalam layar progres kita sudah di sediakan sebuah kubus , nah kita akan rubah kubus itu menjadi kotak peti yg terdapat di sebuah ruangan, memang sederhana namun jika anda telah melihat pembuatannya saya yakin dengan awal yg sederhana ini anda dapat mengetahui tools sederhana namun utama  dalam pembuatan animasi 3d pada blender.

kita mulai pada layar progres utama dengan pilih objek kubus tersebut lalu tekan “tab” pada keyboard, setelah itu  pilih loop cut and slide dan pada menu action di sebelah kiri dan  setelah itu arahkan kursor pada kubus dan  click sekali setelah kita memilih menambah garis vertikal atau horizontal, lalu kita dapat arahkan loop cut and slide tersebut ke daerah yg kita inginkan sesuai imajinasi anda pada pembuatan objek kotak peti yg kita akan buat setelah itu kita click dan setelah itu silahkan anda berimajinasi dengan mingikuti gambar berikut dan coretan yg saya buat tadi.



setelah jadi seperti gambar di atas lalu ikuti gambar berikut dengan cara pilih satu titik dengan mengclik “kanan” pada mouse lalu untuk memilih titik lain agar titik yg awal yg telah kita pilih tidak hilang kita sambil tekan shift pada keyboard( shift+clik kanan ) pilih titik seperti gambar berikut

setelah kita pilih titiknya tersebut ada bentuk garis agar pembentukan perubahan gambar tidak berantakan terutama dalam pembentukan objek yg membutuhkan ketelitian di setiap perubahannya, yg berwana”biru,kuning dan merah” berfungsi sbg penanda pergerakan. biru menandakan garis “Z”, kuning menandakan garis “Y”, dan merah menandakan garis “X”. setelah kita mengenal garis tadi untuk membuat animasi kotak peti ini seperti aslinya kita harus dorong sumbu “y” dari titik yg sudah kita pilih tadi seperti berikut

lalu kita tarik titik di bawah sama seperti cara sebelumnya ,menjadi gambar seperti berikut mengikuti imajinasi kita menyerupai aslinya
setelah kita bentuk seperti gambar di atas lalu kita mulai dengan melakukan penyatuan titik dengan teknik “MERGE”. teknik ini di lakukan untuk penyatuan atau penggabungan titik satu ke ke titik lain atau saya sebut point to point sehingga menghasilkan hasil animasi yg terlihat asli, pertama kita pilih titik yg kita ingin merge lalu kita ke menu sebelah kiri pada layar progress  pada add terdapat merge kita clik lalu pada merge terdapat 5 opsi, yaitu “AT LAST,AT FIRST, AT CENTER,AT CURSOR dan AT COLLAPSE”. at last misalkan kita pertama memilih titik yg kanan lalu memilih titik yg kirimaka merge at last akan menyatukan titik tersebut namun pergerakannya akan menyatu ke titik yg kedua karena seperti artinya last=akhir sama seperti at first artinya titik akan menyatu ke titik yg pertama kita pilih sama seperti artinya first=awal. lalu at center kita akan memilih kedua titik namun akan menyatukannya tepat di tengah, jika at cursor kedua titik ke arah cursor saat penyatuan titik tsb dan at collapse misalkan anda ingin menyatukan 3 titik maka semua titik akan menyatu ke titik yg kedua atau titik medium .
ok pilih titik  sesuai dengan gambar berikut ,lalu anda merge




setelah anda merge silahkan keluarkan imajinasi anda dengan melakukan hal yg sama dengan menyatukan titik dengan merge sampai kotak peti tersebut jadi seperti gambar berikut

lalu kita coba tampilkan dengan melakukan render gambar dengan menekan “F12″ pada keyboard makan akan muncul seperti berikut

lalu setelah selsai kita akan lanjutkan dengan membuat latar pada animasi kotak peti sederehana kita dengan cara pilih “add” lalu pilih “mesh” dan clik “pane” maka akan mucul persegi pada layar progres utama kita, setelah itu kita perbesar dengan cara pilih pane yg kita buat tadi lalu tekan “S” pada keyboard artinya adalah scale (memperbesar gambar) setelah kita perbesar sampai seperti gambar berikut

setelah itu kita buat duplikat dari gambar tersebut sebagai tembok penutup tekan “shift+d” pada keyboard geser gambar duplikat yg telah kita buat lalu kita rotasi gambar tersebut dengan menekan “R” setelah itu kita putar

setelah jadi kitamulai bermain dengan rendering animasi , di layar progres ada dua object yg menggantung tidak jauh di atas benda yg bulat ialah lampu dan yg kotak dan ada sedikit segitiganya itu ialah camera yg menyorot ke object, kita akan bermain merubah lampu penerangan pada object. ikuti gambar di bawah sambil anda baca sedikit coretan kecil dari saya, ketika kita pilih lamp pada menu sebelah kanan pada layar akan ada 5 pilihan lampu yg memiliki fungsinya masing-masing, point yaitu sistem penerangan akan berupa point objek, sun maka pencahayaan akan menyerupai cahaya matahari , omi makaakan menyerupai  lampu dan area seperti dia area ruangan. saya pilih pencahayaan sun menyerupai matahari,, cahaya lampu awal agak gelap agar menyerupai aslinya saya ubah dengan cara mengganti light color menjadi agak kekuningan seperti gambar di bawah lalu saya akan tunjukkan perbedaannya pula di gambar selanjutnya. setelah itu jadilah objek gambar sederhana






 Membuat Helikopter Menggunakan Aplikasi Blender

1. buka program blender yang anda punya. Disini, saya pakai Blender versi 2.64 yang tampilannya seperti gambar dibawah. Ketika pertama kali dibuka, akan ada tampilan splash yang menghalangi seperti dibawah. Untuk menghilangkannya, cukup klik dimana saja…


2. Secara default, akan ada objek box pada scene. karena tidak terpakai, hapus saja objek box tersebut menggunakan tombol Delete pada keyboard. Ketika muncul konfirmasi, klik OK atau tekan Enter.


3. Sekarang, kita akan membuat badan helikopternya terlebih dahulu. Badannya dibuat dari Icosphere karena bentuk mesh nya mudah dibentuk. Untuk memasukkan Icosphere, klik menu add > Mesh > Icosphere.

4. atur nilai Subdivisions=2 dan Size=5 sehingga bentuk Icosphere menjadi seperti ini.


5. Tekan tombol S lalu tombol X pada keyboard lalu geser pointer sehingga objek Icosphere memanjang seperti gambar dibawah.


6. Tekan tombol Tab untuk memasuki Edit Mode, lalu ubah tipe seleksi menjadi face. Klik tombol Z supaya objek menjadi transparan untuk memudahkan dalam penyeleksian nantinya. Setelah itu tekan tombol B lalu klik dan drag pointer untuk menyeleksi bagian atas face seperti gambar.


7. tekan tombol Delete pada Keyboard, lalu pilih Faces pada jendela konfirmasi untuk menghapus face yang terseleksi.


8. Tekan tombol Z pada keyboard untuk mengembalikan bentuk objek terlihat solid (tidak transparan). Ubah mode seleksi menjadi edge, lalu Alt+Klik kiri edge dibagian atas sehingga edge yang ada diatas terseleksi seperti gambar dibawah


9. tekan tombol F agar lubang dibagian atas tertutup oleh face lalu tekan tombol E untuk menebalkan face tersebut. Setelah itu, tekan tombol S dan geser pointer untuk memperkecil face seperti gambar dibawah

10. masih dalam keadaan face atas terseleksi, tekan tombol E untuk meng-extrude nya, dan tekan tombol S lalu geser pointer untuk mengecilkan lagi face tersebut sehingga bentuknya seperti ini.


11. Tekan tombol Z pada keyboard agar objek menjadi transparan. Tekan tombol B lalu klik dan drag pointer untuk menyeleksi beberapa Face bagian depan seperti gambar dibawah. Face ini untuk dibuat bentuk jendela nantinya.


12. Tekan lagi tombol Z agar objek kembali terlihat solid (masih dalam keadaan face bagian depan terseleksi). Tekan tombol E lalu geser pointer sehingga Face menjorok kedalam. Tekan tombol S lalu geser pointer untuk memperkecil face tersebut sehingga bentuknya kurang lebih seperti gambar dibawah.


13. Seleksi face didekat “jendela” seperti gambar.


14. Tekan tombol E lalu geser pinter untuk meng-extrude face tersebut, lalu tekan tombol S dan geser pointer untuk mengecilkan face sehingga bentuknya seperti gambar dibawah.


15. seleksi face disampingnya seperti gambar dibawah.


16. sama seperti proses sebelumnya, tekan E lalu geser pointer untuk meng-extrude face tersebut lalu kecilkan ujungnya seperti gambar dibawah.


17. Ok, sekarang lakukan hal yang sama pada sisi satunya, sehingga kedua sisi badan mempunyai kaki yang simetris.

18. kalau dilihat dari bawah, hasilnya seperti ini.


19. seleksi keempat ujung face pada kaki lalu tekan Alt+E dan pilih Individual Faces.

20. geser pointer untuk mengextrude nya sehingga keempat kaki memanjang seperti gambar.


21. Pada salah satu sisi kaki helikopter, seleksi face yang saling berhadapan dan tekan Ctrl+E, pilih Bridge Two Edge Loops.

22. maka kedua face akan menyatu seperti ini.


23. sekarang, seleksi dua face pada kaki yang menghadap kedepan.


24. Extrude face tersebut dengan tombol E dan geser pointer sehingga bentuknya memanjang kedepan. Lakukan juga pada kaki yang menghadap kebelakang.


25. Lakukan langkah diatas pada kedua sisi sehingga bentuknya sekarang seperti berikut.


26. Tekan tombol Z supaya objek transparan dan atur pandangan supaya objek tampak dari samping. seleksi face bagian belakang seperti gambar.


27. Tekan tombol E lalu geser pointer sehingga face memanjang kebelakang membentuk ekor Helikopter. Gunakan variasi ukuran menggunakan tombol S agar hasilnya lebih bagus.


28. Untuk membuat ujung ekor, Extrude face paling ujung menggunakan tombol E sedikit, tekan tombol S lalu tombol Z dan geser pointer agar face hanya membesar pada sumbu Z saja.


29. Geser face keatas, sehingga bagian bawahnya datar seperti gambar dibawah.


30. Untuk membuat tihang baling-baling, prosesnya hampir sama seperti sebelumnya. Gunakan perintah Extrude dengan variasi Scale yang berbeda-beda sehingga didapat bentuk seperti dibawah.


31. Atur titik point berada di ujung tihang helikopter seperti gambar dibawah, lalu pada menu Add > Mesh > Cube untuk menambahkan kubus ke scene.


32. Dengan perintah Scale (tombol S) buatlah agar ukuran kubus menyesuaikan tihang. Supaya bentuknya pipih, tekan tombol S lalu tombol Z dan geser pointer agar kubus mengecil hanya pada sumbu Z saja.


33. Seleksi face pada semua sisi kecuali face atas dan bawah. Lihat gambar . . .


34. tekan tombol Alt+E dan pilih Individual Faces lalu geser pointer sehingga masing-masing face menebal membentuk baling-baling. Saya menggunakan Extrude dengan pilihan Individual Faces supaya masing-masing face menebal ke arahnya masing-masing. Kalau menggunakan Extrude saja (tombol E), maka semua face akan menebal ke satu arah. Silahkan dicoba . . .


36. Oke mas bro, sekarang bentuknya sudah jadi. Sekarang tinggal tambahkan beberapa variasi saja . . .


37. kita harus menambahkan Edge Extra untuk beberapa sudut tertentu supaya saat diberi modifier Subdivision Surface, sudut akan tampak seperti aslinya dan tidak terlalu mulus (di 3DS Max, kita mengenalnya dengan tool Champer). Untuk membuatnya, ubah mode seleksi menjadi Edge, lalu tekan Ctrl+R dan sorot pointer ke sudut yang ingin diberi Edge tambahan. Misalnya sudut pada bagian jendela seperti gambar dibawah....

38. Sudut bagian atas juga harus diberi Edge tambahan mas bro . . .


39. Saya menambahkan Edge tambahan pada semua sudut dibagian atas.


40. jangan lewatkan juga sudut-sudut pada baling-baling . . .


41. Dan , akhirnya tiba juga ke tahap akhir modeling. Tahap akhir adalah membuat badan helikopter agar tampak lebih mulus. Tekan tombol Tab untuk ke Mode objek lalu di panel Properties, klik tombol Object Modifier. Pada pilihan Modifier, pilih Subdivision Surface.


42. atur nilai Subdivision View=3 dan Render=5. Dan hasilnya badan pesawat akan lebih mulus seperti ini . . .

43. setelah melakukan beberapa pengaturan pada sudut pandang dan cahaya, tekan tombol F12 untuk merender objek. Saya mendapatkan hasil seperti ini. Ya, masih mentah dan gelap karena belum diberi material dan tekstur.



Itulah beberapa tutorial dari manfaat aplikasi blender yang saya sampaikan.semoga tutorial ini bisa bermanfaat utuk anda. saya minta  maaf jika kurang lengkap dan kurang sempurna karena kesempurnaan hanyalah milik tuhan semata dan jika anda ingin lebih mengusai blender silahkan datang ke oficial web blendernya langsung di http://www.blender.org/education-help/tutorials/.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar